|
iPad, tablet PC keluaran Apple (rou/inet) |
Jakarta - Dalam 12 bulan terakhir, konsumen gadget di
Indonesia tercatat melakukan pembelian 704.000 tablet PC yang jika
ditotal harganya bisa lebih dari USD 385 juta atau sekitar Rp 3,6
triliun.
Data yang dirilis firma riset GfK Indonesia tersebut
memperlihatkan tingginya permintaan konsumen gadget akan tablet selama
empat kuartal berturut-turut. Pada periode Januari hingga Maret 2012,
tercatat ada 277.000 unit tablet terjual.
Pertumbuhan pasar
mencapai titik tertingginya pada kuartal tiga tahun lalu, yakni ketika
volume penjualan maupun pendapatan untuk pasar tablet lebih dari dua
kali lipat pada kuartal dua.
Meski demikian, seperti dikutip detikINET dari Cellular-news, Jumat
(1/6/2012), tingkat adopsi PC tablet memperlihatkan tanda melambat jika
melihat momentum pertumbuhan yang secara bertahap mulai stagnan di kuartal berikutnya.
"Data
GfK kuartal terbaru memperlihatkan 13% peningkatan dalam volume
penjualan tablet dibandingkan kuartal sebelumnya. Namun pada saat yang
sama juga memperlihatkan sedikit penurunan dalam revenue penjualan," kata analis sekaligus General Manager GfK Indonesia, Guntur Sanjoyo.
Disebutkannya,
kompetisi yang kian ketat menimbulkan beragam promosi agresif. Antara
lain dengan menjual tablet murah. Rata-rata harga jual tablet di
Indonesia mengalami penurunan setiap kuartal.
Harga rata-rata
tablet yang tahun lalu berada di kisaran USD 651 atau sekitar Rp 6
jutaan, kini berkurang drastis hingga 25 persen menjadi lebih
terjangkau, yakni rata-rata USD 485 atau sekitar Rp 4 jutaan.
"Meski didominasi brand luar negeri, sejumlah pemain lokal juga sudah bermain dan menawarkan produk yang lebih terjangkau," tambahnya.
wijesoftware.[official]
-
04.21
0 komentar:
Posting Komentar
terimakasih atas komentarnya